DIY LED RING LIGHT

1:37:00 PM

Hello semua! Apa kabar?
Semoga dalam kondisi cantik dan sehat selalu. Beberapa minggu terakhir ini aku tepar, flu melanda, batuk pilek tidak terelakkan. But I'm better today so I think I can post one DIY article that might can help you.

Kalau kalian photographer, videographer, blogger, youtuber, pasti familiar dengan ring light ini. Ring light ini adalah lighting dalam bentuk circle atau lingkaran yang biasanya digunakan dalam dunia pemotretan (macro khususnya). Ditemukan pada tahun 1952 oleh Lester A. Dine yang ditujukan untuk dental photography. Ring light ini sangat populer pada pemotretan portrait dan fashion photography. Mengapa ring light? Karena ring light ini dipercaya mampu memperhalus atau mengurangi tampilan bayangan dan menambah halo highlight (efek lingkaran cahaya) pada mata model yang sering kalian jumpai di pemotretan fashion/editorial.

Ring light ini juga ramai di antara para blogger dan youtuber. Karena kebetulan aku belum sempat ke toko peralatan photography, jadi aku berinisiatif membuat dulu deh LED ring light versi aku. 
Hasilnya? Kalian bisa lihat disini 

  

Untuk bahan yang diperlukan :

1. Cardboard seharga Rp. 7.500 (beli di toko buku)
2. Transparent plastic board seharga Rp. 12.000 ( beli di toko buku)
3. Kertas Silver seharga Rp. 3.000 (beli di toko buku)
4. LED strip 5m seharga Rp. 150.000 (beli di toko listrik)
5. Trafo 12V 3A untuk LED Ring light 5m (beli di toko listrik)
6. Colokan kabel listrik seharga Rp.25.000 (beli di toko listrik) untuk yang ini kamu bisa beli yang ada tombol ON/OFF nya lho, berhubung waktu beli lagi kosong, aku jadi terpaksa pakai yang biasa.
7. Lem perekat, selotape.

Untuk bahannya saja si ga sampai lah 300rb (Rp. 270rb an) , kalau ditambah ongkos ke toko, dicat lagi pakai pilox, nah kurang lebih sampai Rp. 300.000 lah totalnya :D. Mahalnya karena aku pakai LED strip, kalian bisa saja sih menggunakan TL yang bulet, hanya kalau pakai TL itu panas. Kalau LED ga panas, jadi lebih enak waktu shoot macro dan lebih aman apalagi ada bocil yang suka tiba - tiba recokin.

Kalau kalian malas membuat penyangga atau light standnya, karena ring light ini ringan , kalian bisa gantungkan langsung atau tempelkan ringlightnya (saja) ke flash lalu pasang deh di kamera :D . 

Untuk tutorialnya silakan ditengok disini ya :


Thanks for reading and see you on my next post.

Cheers
 photo signatureblog2014_zps5a5d1746.jpg
FOLLOW ME ON :





You Might Also Like

33 comments

  1. AKU SUKA BANGET ASLIIII INI PASSSS BGT TIMINGNYA KARENA AKU LAGI NYARIII HAHAHAHAHHAA MAKASIH KAK MUKTI!!! :****


    sarrahquinn.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Woww cc kreatif banget, asik mudah di mengerti buat yang engga ngerti dunia perlistrikan kaya ak hihi :D makasih tutorialnya :*

    Xoxo,
    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini karena kesel nungguin ga dibeli2in sama masih belum sempet ke toko photography jadinya nekad bikin dulu dah ;D... aku jg ga ngerti jadinya serahkan ke toko listrik :D :D :D

      Delete
  3. Berguna bangettt mak tutorialnya... jelas lagi step by stepnya.. nice post maaaak 👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you maaak... siiip mudah2an bisa membantu :)

      Delete
  4. makasih banyak cii tutorial nya, hehehehee
    gw udah punya tuh lampu, tpi gw lingkarin di saringan ikan, wkwkwkwkw . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. same2 wakakak penasaran sama saringan ikan kayak apa jdnya :D

      Delete
  5. Berguna dan caem banget hasilnyaaa..

    ReplyDelete
  6. Kereen, pengeen, tapi malas buatnya haha.

    impiccha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha hayoo sisca bikin... tinggal bikin buletannya..bisa diganti pake yang lain kok cari2 buletan tinggal tempel lampunya :D

      Delete
  7. Keren bgt, kreatif .. saya suka saya suka 👏😆

    ReplyDelete
  8. HOT MAMA VIDEONYA BAGUUUSSSS BANGET AKU SUKKAAA XD
    Voice overnya bening banget dan penjelasannya to the point. LOVE!

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhahaha HOT CHICK makasiiii... saya ga suka bertele2 :D :D :D

      Delete
  9. Wooowwww...makasih banget tutorialnya!!!

    ReplyDelete
  10. Waa nice idea ce! Pengen bikin DIY light ring jugaa :D

    www.gadzotica.com

    ReplyDelete
  11. Tutorialnya jelas banget <3 kapan2 mau coba bikin :D

    ReplyDelete
  12. wahhhhh nice post ciiiii jadi pengen buaaat ^^

    www.cleoputri com

    ReplyDelete
  13. Halo Ci! Terima kasih banget ya. Aku mau bikin niatnya. Tapi kalau pake travo aku rasa agak mahal kan, nah aku nemu di video ini: https://www.youtube.com/watch?v=NaneD8gNyVIb
    Dia gak pake travo, tapi kabel entah apa (aku bingung kudu nanya ke toko listriknya gimana). Tapi bentuknya aku nyontek yang ini. Makasih yaa! :D

    ReplyDelete
  14. ini LED strip tipe berapa yah? 2835-600?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tia, waduh klo tipe aku lupa... ga inget :D waktu itu juga nanya langsung doang ke tukang listrik ga pake tipe2 :D :D

      Delete
  15. kalo pake lampu led yg bola-bola kayak yg di pohon natal gitu kira-kira bisa ato ngak ya ? penasaran mau bikin jadinya, btw makasih banget ya tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja dear... kalau terangnya cukup bisa kok... asal dia ga bling bling nyala mati nyala mati ajah...
      bahkan kalau mau buat pake TL bulat, bohlam disusun juga bisa... sesukanya ajah...
      yang ini aku buat karena menurut aku paling gampang nyari bahannya di deket rumah, terus ga panas lampunya. Jadi ga bahaya kalau ga sengaja kepegang... :D

      Delete
  16. Thank you muchly for the super helpful post! Xxx

    Btw ci, itu 5m led strip kepake semua atau sebagian aja?

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Winner of PAC MAKEUP BLOG Competition 2013

Winner of PAC MAKEUP BLOG Competition 2013

Featured as IBB Blogger of The Month - MAY 2013

IBB November 2013 Makeup Challenge Winner

Subscribe