Rambut Rontok? Yuk Ketahui Penyebabnya

5:54:00 PM

Hai semua! Kali ini aku akan membahas mengenai mitos seputar rambut dan apa yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

Berikut fakta – fakta mengenai rambut supaya kamu lebih memahami bagian dari kepala ini :
1. Pada umumnya kita memiliki 100.000 – 150.000 rambut di kepala
2. Siklus pertumbuhan rambut terdiri dari 3 fase yang membedakan tingkatan perkembangan di kepala, yaitu :
Add caption


3. Agar rambut terjaga jumlahnya, pertumbuhan rambut harus lebih banyak daripada rambut yang rontok.
4. Pada keadaan normal, sekitar 70-100 rambut putus per hari.
5. Jika lebih dari 100 rambut per hari yang putus secara konsisten, jumlah rambut akan berkurang dan kerontokan akan terjadi.


Mitos Seputar Rambut :


(image from pixabay.com)
SALAH
Rambut pendek memang terasa lebih tebal, tetapi potong rambut tidak akan mempercepat pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut banyak dipengaruhi faktor genetik dan biologis.



BENAR
Bukti ilmiah menunjukkan bahwa pertumbuhan tiap rambut akan berbeda di bagian kepala yang berbeda. Pada bayi, pertumbuhan rambut akan lebih cepat di bagian tengah kepala / crown dibandingkan bagian kepala lainnya.

(image from wisegeek.com)
SALAH
Meskipun kamu terlahir dengan rambut lurus, keriting atau  berombak, banyak hal yang dapat menyebabkan tekstur rambut kamu (seperti kehamilan, obat – obatan, kemoterapi, usia) berubah sementara atau permanen.

(image from pixabay.com)
BENAR
Berdasarkan artikel dalam Science News (January 11, 1997) oleh J.G. Mosley dari RS. Leigh di Lancashire , Inggris, perokok cenderung memiliki uban 4 kali lebih banyak dibandingkan non-perokok. Merokok juga ada hubungannya  dengan kerontokan rambut.

(image from curlyhairdesign.com)
BENAR
Mencuci rambut dengan shampoo yang tidak sesuai bisa mengurangi sebum alami rambut dan membuat rambut menjadi kering. Cucilah rambut dengan shampo yang sesuai untuk tipe dan tekstur rambut kamu. Hal ini justru dapat menjaga kelembapan dan kecantikan rambut.


(image from shutterstock.com)
BENAR
Traction Alopecia adalah kondisi rambut rontok yang disebabkan oleh pengepangan, pengunciran  rambut yang terlalu kencang sehingga dapat menyebabkan rambut patah, rontok. Kendurkan ikatan kunciran rambut untuk mengurangi dan meminimalisasi tekanan pada kulit kepala.


BENAR 
Sengatan matahari yang menyebabkan luka bakar pada kulit kepala dapat merusak akar folikel rambut. Orang yang memiliki kecenderungan kerontokan rambut secara genetis  akan mengalami kerontokan lebih cepat. Gunakan pelindung kepala atau menggunakan produk sun-protection yang dapat melindungi kulit kepala dan rambut.

SALAH
Selama kamu menggunakan sisir yang baik dan menyisir dengan lembut, menyisir rambut setiap hari tidak akan mempercepat kerontokan rambut.



Panas dari hari dryer dan curling iron dapat mengubah struktur rambut dan merusak lapisan kutikula sehingga rambut dapat terlihat kusam. Paparan berlebih terhadap temperatur tinggi dapat membuat rambut mudah rusak.

Ya, produk pewarna rambut, bleaching, keriting, menggunakan produk kimia yang dapat merusak serat rambut. Permanent coloring menyebabkan kerusakan pada kutikula yang hanya dapat dilihat dengan ultramicroscopy dan terlihat pada hari pertama setelah pewarnaan. Pengeritingan permanen dan bleaching juga dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut. Jika kamu sudah melakukan perubahan permanen terhadap rambut kamu, penting untuk diketahui bahwa rambut kamu menjadi sangat rentan  dan kamu perlu lebih memperhatikan dan ekstra hati – hati pada saat penyucian rambut,  pengeringan dan penyisiran rambut. Dan sangat disarankan untuk menggunakan conditioner banyak - banyak.



Selama kurang lebih 5 bulan terakhir ini aku merawat kesehatan kulit kepala dan rambut aku dengan produk CG210. Ditambah awal tahun ini aku mewarnai rambut secara permanen. Selain menggunakan produk – produk yang dapat membantu untuk mengurangi dampak kerusakan akibat pewarnaan (seperti conditioner, hairspa, hair vitamin oil), aku juga masih rutin menggunakan produk dari CG210.


Untuk membaca pengalaman aku dengan CG210 bisa disini :

Kalau kamu mulai merasakan adanya kerontokan rambut, segera cek penyebabnya dan obati sebelum terjadi kerusakan permanen.

Untuk mengetahui kesehatan rambut kamu, kamu bisa ikuti kuis dibawah ini untuk membantu pengecekkan :

Informasi lebih detail mengenai produk CG210 bisa dibaca disini http://www.cg210.co.id/


Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

CHEERS

 photo signatureblog2014_zps5a5d1746.jpg
FOLLOW ME ON :






You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Winner of PAC MAKEUP BLOG Competition 2013

Winner of PAC MAKEUP BLOG Competition 2013

Featured as IBB Blogger of The Month - MAY 2013

IBB November 2013 Makeup Challenge Winner

Subscribe